Sabtu, 18 Juni 2016

mengenal kreasi kokoru



Hasil gambar untuk kertas kokoru kreasi anak


sudah mengenal kertas kokoru belum..? 

Kertas adalah medium yang melekat dengan keseharian manusia, seperti saat mencipta karya berupa tulisan atau gambar, baik dengan cara menuliskan dengan tinta atau pensil serta melalui mesin cetak, dan banyak lagi. Dan disini saya mengenali yang nama nya kertas kokoru.
Kertas Kokoru lagi hits untuk dipakai di berbagai jenis kerajinan tangan saat ini. Namun sebagian orang masih belum mengenal dengan nama Kokoru, padahal Kokoru ini asli Indonesia. Origami atau seni melipat kertas asal Jepang sudah sangat populer di negeri ini. Tapi belum banyak orang yang tahu kalau di Indonesia sendiri berkembang seni kerajinan kertas dari Indonesia yang disebut kokoru. Kokoru belum banyak dikenal karena trennya baru bermunculan selama dua tahun terakhir. 
Kokoru adalah kertas bertekstur bergelombang dengan warna2 yang menarik atau disebut dengan color corrugated paper. Kertas іnі ringan, mudah dipotong serta dibentuk. Hasilnya akan sangat menarik karena akan berbentuk 2 atau 3 dimensi.
Sekilas, nama Kokoru terdengar identik dengan Jepang. Mungkin anda juga akan menyimpulkan begitu. Namun anda salah! Kokoru adalah produk kertas asli buatan Indonesia. Diproduksi oleh salah satu produsen kertas raksasa di Indonesia. Kertas Kokoru menyasar konsumen yang membuat aneka kerajinan mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk membantu proses tumbuh kembang anak-anak Indonesia dengan merangsang motorik dan otak kanan mereka, sehingga kreativitas anak-anak yang menggunakannya ikut terstimulus," 
Kokoru yang diluncurkan di pasar Indonesia sejak 2010 memberikan altenatif kepada masyarakat dengan menyediakan produk untuk berkreasi dan  menyalurkan kreativitas.
Sejak pertama diluncurkan, pangsa pasar Kokoru terus berkembang, bahkan pada 2014 ke 2015 melonjak hingga 50 persen, dan diharapkan tahun 2016 terjadi peningkatan yang sama. 
Untuk distribusi di Indonesia, Kokoru telah hadir di kota-kota besar, di jual di toko buku dan berbagai outlet modern serta tradisional.
Sedangkan di pasar internasional, Kokoru dapat ditemui di 20 negara yang ada di Asia Pasifik. Kokoru diproduksi oleh pabrik APP, Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang, dengan menggunakan dua lembar kertas berwarna yang salah satunya dibuat bergelombang melalui proses produksi, kemudian direkatkan bersama lalu dipotong menjadi ukuran A4, dan ada yang dipotong memanjang (1,3 x 50 cm). Nama seni melipat kertas Origami pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. 
          Kertas bergelombang atau yang lebih populer dengan istilah kokoru, untuk saat ini ada 2 Jenis Ukuran yaitu :
1. Ukuran Strip, Lebar 1,3 cm x panjang 50 cm, Isi : 56 Strip, 8 warna
2. Ukuran A4 , lebar 21,0 cm x panjang 29,7 cm (8.27 inci × 11.69 inci), Isi 8 lembar A4, 8 warna
 Untuk Strip ada 3 jenis warna : Ichi, Ichiro dan Ichigo
Untuk A4 ada 3 pilihan warna yaitu : Hachi, Hachiro dan hachigo
Jadi, Bagi orangtua yang kesulitan memisahkan anaknya dengan gadget mungkin bisa mencari solusinya dengan membeli kertas kokoru.Dengan kertas yang terdiri dari ragam warna menarik ini dijamin akan menumbuhkan kreativitas anak untuk menjadikan kertas tersebut ke ragam bentuk benda. karena “Cara membuat kerajinan kokoru cukup sederhana. Bahan yang perlu disiapkan yakni kertas kokoru, penggaris, pensil, cutter, gunting, dan lem tembak. Berkreasi dengan kokoru dimulai dengan berimajinasi mengenai bentuk yang ingin kita buat. Bisa membayangkan bunga, hewan atau benda lainnya. Kemudian kita hanya perlu menggulung, melipat, dan menempelkannya,"
kreatifitas ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi aspek perkembangan anak usia dini. Melalui kegiatan bermain menggulung kertaskokoru ini, dapat dikembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara sekaligus. Berikut perincian manfaat kegiatan ini bagi aspek perkembangan anak.
·         Mengembangkan nilai agama dan moral. Memalui permaianan ini anak dibiasakan melakukan kegiatan bermanfaat, dan diajak bersikap religius seperti berdoa sebelum dan setelah melakukan kegiatan.
·         Mengembangkan sosial emosional dan kemandirian. Melalui permaianan ini anak akan senang dan antusias berman bersama teman sambil berkarya. Disamping itu anak juga dipupuk untuk bertanggung jawab, menghargai hasil karya, baik karya sendiri maupun karya orang lain.
·         Mengembangkan kognitif. Memalui permaianan ini anak akan berfikir dan berimajinasi tentang  apa yang bisa dia bentuk dengan sebuah kertas lurus; seperti apa bentuknya, warna yang akan dipilih dan lain-lain. Kokoru ini tidak akan menjadi sesuatu bentuk yang indah jika tidak diiring imajinasi, untuk itu anak akan dituntut untuk berpikir dan berimajinasi bagaimana gulungan kertas-kertas kokoru ini dapat menjadi bentuk  yang diinginkan. Pengembang imajinasi secara tidak langsung akan mengembangkan cara berpikir anak dalam pemecahan dalam sebuah masalah.
·         Mengembangkan bahasa. Melalui permaianan ini guru bisa memberikan pertanyaan tentang pemikiran-pemikiran anak mengenai apa yang akan dibentuknya dengan kertas tersebut. Begitupun dengan anak, mereka bisa menjawab pertanyaan guru dan menceritakan hasil kayanya kepada guru, teman dan orang-orang disekelilingnya. Dengan demikian permainan ini dapat mengembangkan bahasa anak.
·         Mengembangkan fisik motorik dan seni. Melalui permaianan ini jari-jemari anak akan bekerja. Mereka aktif menggerakkan jari-jarinya dalam menggulung kertas kokorunya dan membentuk miniatur yang dia inginkan. Kegiatan ini  dapat membantu keterampilan motorik halus anak yang memang sedang berkembang sekaligus mengembangkan seni pada diri anak melalui bentuk yang indah-indah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar